Pages

Labels

Sabtu, 07 Juli 2012

Mengulas kembali 17 Agustus 1945

17 Agustus 1945 yang jatuh pada hari Jum'at dan bertepatan di bulan Ramadhan ini adalah hari  Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sekaligus Hari lahirnya Kemerdekaan Indonesia.









Berlatar belakang yaitu pada jaman penjajahan Jepang dimana sedang terjadi PD2 (Perang Dunia ke-2) dimana Sekutu melawan Jepang yang akhirnya jepang menyerah tanpa syarat.


Kembali lagi...7 Agustus 1945 terbentuklah BPUPKI (dikuritsu junbi cosakai ) lalu berganti nama dengan PPKI (dokuritsu junbi inkai) . Dan pada tanggal 14 Agustus 1945 jepang menyerah tanpa syarat dengan sekutu yang menimbulkan adanya kekosongan kekuasaan di Indonesia.

Keadaan ini dimanfaatkan oleh para pemuda Indonesia yang ingin kemerdekaan Indonesia dipercepat sebelum kekuasaan Jepang di Indonesia jatuh di tangan sekutu . Dan berkat Rahmat Allah Yang Maha Esa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur maka pada tanggal 17 AGUSTUS 1945 dibacakanlah Proklamasi Oleh Bpk.Soekarno yang berbunyi :




Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17-8-05
Wakil-wakil bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta                                                                                                                                        

Dan dikibarkanlah Bendera Sangsaka Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati dan dinyanyikanlah pula Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diciptakan W.R Supratman.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengambil keputusan, mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara Republik Indonesia, yang selanjutnya dikenal sebagai UUD 45. 

Dengan demikian terbentuklah Pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia yang berbentuk Republik (NKRI) dengan kedaulatan di tangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang akan dibentuk kemudian.

0 komentar:

Posting Komentar